Langsung ke konten utama

Pengalaman Berkesan Ikutan 30 Hari Jago Blogging


Keinginan saya untuk nulis diblog sebenarnya udah lama banget, tepatnya pas kuliah pengen nulis diblog. Tapi sampai sebulan yang lalu saya belum juga tergerak hatinya untuk menulis diblog. Mungkin kurang kuat keinginannya sehingga hatinya belum tergerak untuk mulai menulis. Setelah jadi emak-emak keinginan menulis diblog menguat kembali, buat sarana mengeluarkan uneg-uneg dihati terlebih lagi bisa bermanfaat buat orang banyak.



Namun, saya masih bingung mulai darimana ketika ingin menulis diblog. Saat sedang bingung ingin menulis dan mau mulai dariman saya dapat info yang pas banget dengan kegalauan saya.  Sebulan yang lalu teman saya Tetty Hermawaty yang berpengalaman dalam dunia perblogaan ngadain pelatihan 30 hari jago blogging. Teman-teman yang pengen lihat tulisannya yang kece bisa dibuka bloggnya http://www.tettytanoyo.com dan blogg barunya http://www.momtanoyo.com. Seolah mendapat angin segar, saya pun ikutan daftar. Saya sangat berharap terpilih sebagai peserta dan jadii tau mau bagaimana mulai nulis diblog.

Akhirnya diumumkan para peserta yang terpilih, ada 12 peserta. Alhamdulillahnya nama saya terpilih dalam pelatihan 30 hari jago blogging. Saya merasa senang sekaligus bingung, kira-kira apa aja tugas dan materinya. Maklum masih belum tahu apa-apa didunia perbloggan. Senanangnya juga saya mendapat banyak teman baru, yang sama-sama bersemangat belajar. Kami saling berkenalan terlebih dahulu sebelum materi dimulai. Ternyata pesertanya dari beragam daerah ada yang dari Jabodetabek, Sukabumi, Bandung, Jombang dan Bali. Dengan latar belakang profesi yang berbeda sehingga banyak hal yang saya tau.

Pelatihan 30 hari jago blogging diawali dengan membuat akun blog, dan kami disarankan untuk memilih blogspot.co.id. Kemudian kegalauan saya berlanjut mau kasih nama apa ya bloggnya, akhirnya simpelnya digabung aja nama saya asysyifa dan anak saya wafda. Selanjutnya kami diberikan tugas serta saran-saran menjadi blogger yang baik. Pengen tau lebih lengkapnya apa aja ilmu yang didapat? Yuk ikutan 30 hari jago blogging batch 2. Pengalaman yang berkesan menurut saya ketika ikutan 30 hari jago blogging adalah:

Bertambahnya kenalan baru dari berbagai daerah dan berbagai profesi. Ada beberapa yang sudah menikah dan punya anak jadi kami bisa sharing seputar pengasuhan anak. Senangnya kami saling sharing energi positif selama ikutan 30 hari jago blogging. Jadi gak sabar pengen cepetan kopdar dan ketemu langsung dengan peserta yang lain.

Bagian yang tersulit ketika harus menulis setiap hari selama 7 hari. Sedangkan laptop gantian dengan suami, yang pulangnya malam hari ditambah Wafda lagi disapih. Jadi Wafda setiap malam sering terbangun dan menangis. Akhirnya saya baru bisa nulis malam hari sambil bolak-balik gendongin Wafda.

Membuka pikiran saya bahwa seorang ibu rumah tangga bisa meluangkan sedikit waktunya untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan. Ketika sudah berkeluarga dan menjadi seorang ibu yang memutuskan menjadi ibu rumah tangga seringkali waktunya habis mengurus rumah, suami dan anak. Saat kita punya kemauan yang keras maka bisa meluangkan waktu sedikit diantara rutinitas rumah untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan, salah satunya blogging

Ternyata butuh kerja keras dan kerja cerdas agar blogg kita banyak yang melihat.  Saya harus banyak menulis dan terus melatih kemampuan menulis agar tulisan saya enak dibacanya. Kemudian ada proses-prosesnya agar tulisan kita terdetec oleh google.

Menurut saya itu hal-hal yang berkesan selama ikutan 30 hari jago blogging. Adanya tulisan ini pertanda bahwa 30 hari jago blogging batch 1 telah selesai. Semoga saya dan teman-teman tetap terjaga semangatnya untuk menulis. Kemudian saya tidak merasa puas dan akhirnya terus belajar untuk lebih baik lagi. Saya berharap tulisan saya diblog bisa bermanfaat buat banyak orang.



Komentar

  1. Amiinnn, semoga kedepannya bisa sering nulis lagi dan bisa menginspirasi temen2 yang lainnya juga ya syifaaa.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Traveling ke Palembang bersama Bayi Part 2

Coretan ini kelanjutan dari tulisan saya "Pengalaman Traveling ke Palembang bersama Bayi Part 1". Pada part 1 saya banyak bercerita tentang teknis keberangkatan. Maka di tulisan ini saya akan bercerita tentang objek-objek wisata yang kami kunjungi selama di Palembang. Banyak objek wisata di Palembang yang bisa kita kunjungi namun jangan berharap ada pantai, air terjun atau pegunungan. Objek wisata di Palembang yang bersifat alam hanya sungai Musi yang ada jembatan Ampera. Selebihnya lebih banyak bangunan-bangunan bersejarah dan kuliner khasnya. Beberapa objek wisata dan kuliner yang bisa dinikmati di Palembang, yakni: 1. Sungai Musi dengan jembatan Ampera, terletak di pusat kota Palembang. Jembatan Ampera merupakan penghubung antara Palembang bagian Ulu dan Ilir. Perahu-perahu kecil masih terlihat ramai melewati sungai Musi. 2. Benteng Kuto Besak terletak di bagian ulu kota Palembang, sekitar 15 menit dari Jembatan Ampera. Kalau mau berkunjung ke Benteng Kuto Besak

Pengalaman Traveling ke Palembang bersama Bayi Part 3

Saya ingin bercerita perjalanan pulang dari Palembang menuju Bogor. Kami menggunkan perjalanan darat dan laut. Perjalanan kami tempuh menggunakan mobil dan kapal laut. Kami menempuh sekitar 24 jam perjalanan dari Palembang menuju Bogor. Perjalanan menggunakan kapal laut sekitar 2,5-3 jam tergantung kondisi alam. Sekitar 22 jam perjalanan kami menggunakan mobil. Adapun harga tiket kapal laut untuk dewasa 13 ribu dan anak-anak 7. Kebetulan kami menggunakan mobil pribadi jadi cukup membayar 320 ribu untuk mobil dan penumpangnya. Perjalanan Palembang-Bogor melalui jalur darat cukup lama dan melelahkan. Sehingga penting membawa berbagai perlengkapan bayi agar perjalanan tetap menyenangkan. Beberapa perlengkapan bayi baik di mobil maupun di kapal laut agar bayi tetap merasa nyaman. Perlengkapan-perlengkapan yang saya siapkan adalah: 1. Jaket, selimut dan gendongan bayi. Jaket dan selimut untuk menjaga kondisi tubuh bayi agar tetap hangat. 2.Bantal, ketika bayi menyusui dan tertidur

Salam Kenal

Halo, saya Syifa dan nama lengkap saya Asy-syifa Ni’matu Robby. Saya seorang ibu dengan satu putri kecil yang bernama Wafda. Suami saya bernama Gunadi, semoga kami menjadi pasangan sehidup sesurga ya. Saya lahir di Jakarta 11 Juni 1990. Aktivitas yang suka saya lakukan membaca dan treveling. Saya suka membaca buku dan membaca informasi dari media-media internet atau sosialnya. Tentunya di era milenial ini sangat memudahkan bagi kita untuk mengakses informasi. Treveling pun hobi yang menyenangkan bagi saya, kita dapat mengenal banyak tempat dan budaya di daerah lain. Saya pun senang mengabadikan setiap moment treveling disuatu tempat. Daaaan hobi saya bertambah satu, yakni blogging. Hasil baca buku dan treveling yang saya lakukan ingin ditulis kembali. Dan saya yakin blog adalah salah satu media yang cocok. Saya harap dengan menuliskannya akan lebih banyak manfaatnya. Saya lulusan dari Universitas Djuanda Bogor dengan jurusan agribisnis. Sementara ini tulisan saya belum